Digitalmapia adalah situs dimana semua orang bisa menulis artikelnya sendiri. Klik "Login/Register untuk masuk, lalu klik "Tulis Artikel" untuk mulai menulis.

10 Manfaat Mengejutkan Mengkonsumsi 3 Buah Pisang Tiap Hari

Banyak orang menyukai buah pisang. Tapi apakah ini baik bagi kesehatan?

Hasil penelitian menjawab, ya. Pisang lebih dari sekedar makanan murah yang rasanya manis. Penelitian menjelaskan bahwa memakan tiga buah pisang setiap hari berarti tubuh anda akan mendapatkan 1500mg potassium, dan banyak manfaat lainnya.

Jadi apa saja manfaatnya?

Berikut 10 Manfaat menakjubkan dari memakan buah pisang tiap hari:

1. Pisang dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi.manfaat-buah-pisang

Penelitian menunjukan bahwa memakan sekitar 3 buah pisang tiap hari dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Sebuah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 422 mg potassium dan hampir tanpa sodium. Tingginya kandungan potassium dan rendahnya sodium dapat menetralisir efek tekanan darah tinggi dari kandungan sodium pada makanan.

2. Pisang dapat Melancarkan Pencernaan.

gastrointestinal-system

Pisang mengandung banyak serat, baik yang larut maupun tidak larut. Serat merupakan gizi penting bagi tubuh karena dapat membantu mengatur kecepatan pencernaan. Memakan pisang dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama dan juga dapat membantu mengatasi sembelit.

3. Pisang dapat Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskuler.

Memakan makanan yang mengandung banyak serat sangat baik bagi jantung, salah satunya adalah pisang. Makanan yang mengandung banyak serat juga dikenal mampu mengurangi resiko penyakit jantung dan jantung koroner.

gejala-jantung-lemah-262x300

4. Pisang Membantu Menyehatkan Sel dalam Tubuh.

Pisang sangat kaya akan vitamin B6, mengandung 20 persen Vit B6 yang dibutuhkan orang dewasa dalam sehari. Vitamin B6 membantu tubuh untuk menghasilkan insulin, hemoglobin dan asam amino yang penting bagi kesehatan sel dalam tubuh. Juga dapat membantu memproduksi antibodi yang dapat mencegah infeksi.

5. Pisang dapat Meningkatkan Kesehatan Saluran Pencernaan.

Karena relatif mudah untuk dicerna, pisang di klaim bagus buat sistem pencernaan manusia. Selain itu, pisang tidak hanya melancarkan pencernaan, tetapi juga membantu mengembalikan mineral yang hilang setelah mengalami diare. Hal ini juga merupakan salah satu alasan kenapa pisang merupakan salah satu makanan yang pertama kali diberikan pada bayi.

Hal ini juga merupakan salah satu alasan pisang merupakan makanan penting dalam penyembuhan diare akut disamping nasi, apel dan roti kering.

6. Pisang Kaya Akan Vitamin C.

Ketika anda berfikir tentang vitamin C, stroberi dan jeruk mungkin yang pertama terpikirkan oleh anda. Tapi tahukah anda, satu porsi makanan berbahan dasar pisang mengandung 15% nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Vitamin C sangat penting sebagai anti oksidan yang menetralisir radikal bebas yang berbahaya. Radikal bebas adalah atom, molekul atau ion tak bermuatan yang secara terus menerus merusak sel dalam tubuh. Vitamin C juga membantu dalam menjaga pembuluh darah untuk tetap sehat dan menghasilkan collagen yang menjaga otot, tulang dan yang lainnya tetap sinkron.

7. Pisang dapat Meningkatkan Performa Atlit.

Jika anda pernah merasa penasaran mengapa banyak atlit yang menyukai makan pisang, ini dia alasannya: Pisang dapat meningkatkan kinerja otot dan menyediakan antioksidan dan nutrisi lain secara alami. Menurut penelitian di Laboratorium Appalachian State Universitys Human Performance, memakan setengah potong pisang setiap 15 menit selama latihan setara dengan meminum minuman khusus untuk olahraga (energy drink ? ) setiap 15 menit. Tak diragukan lagi, Yohan Blake, Sprinter asal jamaica dilaporkan memakan 16 buah pisang setiap harinya.

8. Pisang dapat Mencegah anemia.

Pisang memiliki kandungan zat besi yang tinggi, oleh karena itu mengkonsumsinya dapat meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah dan membantu mencegah anemia. Anemia adalah kondisi dimana seseorang mengalama kekurangan sel darah merah atau hemoglobin. Hal ini akan menyebabkan kelelahan, wajah menjadi pucat, dan sesak nafas.

Selain itu, Vitamin B6 yang terdapat pada pisang dapat menyeimbangkan jumlah glukosa pada darah, yang juga dapat mencegah anemia.

9. Pisang dapat Menekan Rasa Lapar.

Ini bisa terjadi bukan hanya karena memakan pisang dapat menunda rasa lapar, melainkan juga ada hubungannya dengan aromanya yang enak. Benar, aroma pisang dapat menahan nafsu makan dan rasa lapar! Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr Alan Hirsch dari Chicago, mencium aroma pisang dapat menipu otak agar anda merasa seolah-olah telah memakannya.

Jadi, ya, pisang dapat membantu mengurangi berat badan.

10. Pisang dapat Meningkatkan Mood dan Membuat Anda Merasa Senang.

Sebuah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 27 mg magnesium. Mineral ini dapat membantu meningkatkan mood dan membantu anda tidur nyenyak. Pria dan wanita masing-masing membutuhkan 420 mg dan 320 mg magnesium setiap harinya. Jika anda kekurangan magnesium, kemungkinan anda akan mengalami kecemasan, iritabilitas, depresi dan gangguan lainnya.

Kebanyakan dari kita tidak mendapatkan asupan magnesium yang cukup dari makanan, oleh karena itu disarankan untuk mulai secara rutin memakan buah pisang.

Conclusion

Itulah 10 Manfaat dari mengonsumsi pisang. So, tunggu apalagi? belikan saya pisang! hehe

 

manfaat-buah-pisang