Digitalmapia adalah situs dimana semua orang bisa menulis artikelnya sendiri. Klik "Login/Register untuk masuk, lalu klik "Tulis Artikel" untuk mulai menulis.

Alasan kenapa web programmer lebih baik menggunakan Sistem Operasi berbasis linux

Di dunia maya sudah sangat banyak artikel yang memperdebatkan mana yang lebih baik antara Windows dan Linux. Namun demikian, pembahasannya hanya seputar gratis, bebas virus dan semacamnya. Kali ini, saya ingin membahas mengenai alasan Linux lebih baik digunakan oleh web programmer.

Namun sebelumnya, saya akan bahas alasan umum mengapa linux lebih baik dari Windows.

1. Bebas (bukan hanya gratis).

Bebas jelas berbeda dengan gratis. OS berbasis Linux tidak hanya dapat diunduh tanpa biaya (gratis) tetapi juga dapat disebarluaskan, dimodifikasi ataupun dimodifikasi sekaligus disebarluaskan.

Tidak cuma itu, anda bahkan bisa membuat distro anda sendiri baik dengan memodifikasi yang sudah ada (misal: Ubuntu) ataupun membuat dari awal dengan mengunduh kernel-nya jika anda mampu.

Hal menarik lainnya adalah ketika anda tidak menyukai tampilan dari OS yang anda unduh anda bebas untuk mengubahnya. Misalnya, tampilan unity pada ubuntu bisa anda menjadi GNOME. Bahkan, ketika ada sebuah icon kecil yang tidak anda sukai pada menu, anda dapat me-replace file png-nya dengan icon yang anda sukai hanya dengan menggunakan file explorer.

2. Aman

Mungkin anda sudah mendengar bahwa linux aman dan bebas dari virus karena jumlah penggunanya yang masih sedikit. Ternyata, anggapan tersebut tidak sepenuhnya tepat. Tahukah anda bahwa mayoritas Sistem Operasi yang berbasis Linux memiliki repository sendiri untuk mengunduh aplikasi? Artinya, bisa mengunduh aplikasi dari satu tempat yang resmi diurus oleh pembuat distro sehingga aplikasi yang anda unduh bisa lebih terawasi dan aman dari virus dsb.

Selain itu, pada beberapa distro seperti ubuntu terdapat software center (sejenis play store) jika anda tidak ingin menginstall aplikasi menggunakan terminal / command line. Sehingga, anda lebih mudah menginstall aplikasi dan tentu saja aman. Apabila anda tidak sengaja membuka situs yang memaksa anda mengunduh dan menjalankan file .exe yang biasanya berupa malware, maka hal ini pun jadi tidak berbahaya karena file .exe tidak akan berjalan di linux.

3. Ringan

Mana yang anda pilih? sebuah Sistem Operasi yang ringan dan tidak memerlukan antivirus atau Sistem Operasi yang berat ( membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang lebih tinggi) dan memerlukan antivirus sehingga komputer anda akan semakin berat lagi?

Linux selain tidak memerlukan software antivirus juga memiliki system requirement yang sangat ringan dan bahkan bisa dijalankan pada komputer lama anda. Sebagai perbandingan untuk meng-install dan menjalankan Ubuntu anda hanya membutuhkan kapasitas RAM minimal 512MB dan 5GB harddisk. Sedangkan, untuk Windows anda membutuhkan minimal 1GB RAM dan 16GB Hard disk.

4. Dukungan Komunitas.

Linux memiliki komunitas yang dapat membantu anda apabila terjadi masalah. Jika, pada komputer anda terdapat masalah yang berkaitan dengan Sistem Operasi seperti bug anda tinggal memberitahukannya ke komunitas. Dalam hitungan minggu bahkan hari, biasanya permasalahan tersebut sudah bisa diselesaikan. Misalnya, dengan dikeluarkannya patch update.

Nah, itulah alasan umum mengapa Linux lebih baik daripada Windows. Sekarang, mari kita bahas mengapa web programmer lebih baik menggunakan Linux.

1. Command line yang lebih baik

Command line pada linux sangat berbeda dengan command prompt pada Windows. Pada Linux, perintah command line terstandarisasi dengan menggunakan standar POSIX. Dengan demikian, ketika anda mengetikan perintah tertentu, maka perintah tersebut juga bisa dijalankan pada komputer lain meskipun berbeda distro Linux selama standar yang digunakan adalah POSIX. Berbeda dengan Linux, Microsoft memiliki kebiasaan menambahkan tool perintah pada satu versi dan tidak menambahkannya pada versi yang lain. Sehingga kita perlu menyesuaikan ketika menjalankan perintah batch pada mesin yang berbeda.

Karena Linux (dan sistem operasi berbasis unix) dibangun dengan cara terminal up. Maka, hampir semua konfigurasi dapat dilakukan melalui terminal. Windows juga dulunya seperti ini, namun sekarang GUI menjadi satu-satunya cara untuk mengubah sesuatu di Windows.

2. Mayoritas Server di dunia menggunakan Linux.

Tidak bisa dipungkiri mayoritas web server di dunia menggunakan Linux. Sehingga, ketika seorang web programmer melakukan pemrograman di komputer yang menggunakan Linux, lebih besar kemungkinan program tersebut akan berjalan lancar ketika di deploy ke server dibandingkan dengan apabila programmer tersebut memprogram menggunakan Windows.

Salah satu contoh yang paling dan sangat sederhana, misalnya seorang programmer menggunakan kode php untuk memanggil sebuah file php lain dengan nama file `Master.php` dalam sebuah direktori. Ia menggunakan kode sebagai berikut:

	include "master.php";

Jika anda menjalankan program diatas pada Windows, maka akan baik-baik saja dan berjalan dengan semestinya. Namun, ketika di deploy menggunakan hosting Linux maka, akan terjadi masalah karena Linux bersifat case sensitif. Sehingga kode yang benar adalah menggunakan huruf M besar pada kata “Master”:

	include "Master.php";

Jika anda menggunakan linux dari awal, masalah ini akan bisa diatasi lebih awal sehingga tidak terjadi masalah saat melakukan deployment. Hal ini merupakan salah satu contoh kecil mengapa harus menyesuaikan dengan web server.

3. Mudah diunduh dan diinstall.

Untuk mengunduh Sistem Operasi berbasis linux anda tinggal mempersiapkan kuota internet dan mengunduhnya tanpa harus membayar, registrasi atau apapun. Dalam melakukan instalasi pun linux sangat mudah, saya sendiri biasa menginstall sistem operasi ubuntu hanya dalam waktu 5 menit. Anda bandingkan sendiri dengan Windows.

Dengan kemudahan tersebut, apabila terjadi miskonfigurasi atau sekedar ingin membersihkan sistem anda, tinggal install ulang (yang tentunya sangat mudah) kemudian kembali bekerja. Jika anda tidak ingin repot-repot install ulang aplikasi-aplikasi yang sebelumnya anda pakai, anda bisa restore backup dari OS lama yang masih stabil.

4. Bash Scripting.

Bash scripting merupakan bahasa script yang umum digunakan di Linux dan sangat berguna jika anda ingin melakukan task-task tertentu dengan cepat. Jika dikombinasikan dengan cron maka sangat mungkin sebuah pekerjaan yang banyak dan rumit atau berulang-ulang bisa dilakukan dengan sederhana dan otomatis sepenuhnya.

Sebagai contoh, anda ingin upload 1000 gambar setiap harinya ke situs yang anda buat. Maka, dengan menggunakan bash script Linux hal ini bisa dilakukan secara otomatis dan masih banyak hal lain yang bisa dilakukan dengan menggunakan bash script.

5. Instalasi aplikasi jadi lebih mudah.

Sebenarnya bukan hanya plugin tambahan yang mudah diinstall, tetapi hampir semua software yang ada di linux sangat mudah diinstall bahkan kita bisa menginstall banyak software sekaligus. Sebagai contoh, jika anda menggunakan Ubuntu anda tinggal menghapal sintax “sudo apt-get install” maka anda bisa menggunakannya untuk menginstall apapun. Jika anda ingin install firefox, cukup ketikan:

sudo apt-get install firefox

Ingin menginstall banyak software sekaligus misalnya, firefox, chromium, synapse, nodejs, libre-office dan skype? anda tinggal ketik:

sudo apt-get install firefox && sudo apt-get install chromium && sudo apt-get install synapse && sudo apt-get install nodejs && sudo apt-get install libre-office && sudo apt-get install skype

Lalu anda tinggal tunggu sambil melanjutkan kodingan (atau tidur) :p. Bayangkan, jika anda menggunakan Windows anda perlu download satu-satu dari beberapa situs yang berbeda, kemudian klik installer-nya satu-satu sampai beres.

6. Sistem backup.

Perbedaan backup pada linux (misal ubuntu), dengan sistem restore pada Windows adalah pada linux hasil backup akan disimpan pada tempat penyimpanan baik berupa USB Flashdisk maupun harddisk external. Nantinya, bisa direstore pada komputer manapun yang anda suka asalkan masih menggunakan sistem operasi yang sama. Hal ini tentu sangat memudahkan apabila kita ingin memindahkan data beserta aplikasi yang sudah terinstall ke komputer baru.

Tux