Digitalmapia adalah situs dimana semua orang bisa menulis artikelnya sendiri. Klik "Login/Register untuk masuk, lalu klik "Tulis Artikel" untuk mulai menulis.

Apa itu Ghost Blogging Platform

Mungkin diantara kita sudah tidak asing lagi dengan WordPress, Joomla, Drupal dsb. Ya, konsep tentang Content Management System (CMS) memang sudah tidak asing lagi bagi kita. Kali ini, kita akan membahas sebuah CMS yang cukup baru belakangan ini yaitu “Ghost”.

Apa itu Ghost

Ghost yang dibuat oleh John O’Nollan merupakan sebuah Blogging Platform seperti WordPress. Bedanya, Ghost berjalan diatas Platform Node.js sedangkan WordPress menggunakan PHP. Seperti yang kita tahu selama ini, WordPress selain bisa digunakan untuk blogging, juga bisa digunakan untuk membuat toko online, social media dan lain-lain. Sedangkan pada ghost, developer-nya berkomitmen untuk menjadikan ghost hanya sebagai sarana untuk blogging tidak lebih dan tidak kurang, dengan begitu developer bisa lebih fokus untuk membuat tool blogging yang sebaik-baiknya dan sebagus mungkin.

Markdown Syntax

Berbeda dengan WordPress yang menggunakan HTML langsung pada text editor-nya, Pada ghost kita menggunakan syntax yang dinamakan markdown syntax. Markdown Syntax ini jauh lebih sederhana dalam penulisannya. misal, jika anda ingin membuat sebuah tulisan dengan heading 1 maka anda hanya perlu menuliskannya sebagai berikut:

# Heading 1

Berbeda dengan ketika kita menggunakan HTML, kita harus menuliskannya sebagai berikut:

<h1>Heading1</>

Lebih mudah bukan?

Tidak ada TinyMCE

Bagi sebagian orang, mengetik sebuah post tanpa menggunakan TinyMCE sangatlah menyulitkan sekalipun menggunakan TinyMCE sangatlah menyulitkan. Jika menggunakan TinyMCE pada WordPress anda tinggal meng-klik icon “B” untuk membuat tulisan menjadi bold, maka pada Ghost, fitur tersebut tidak ada. Sebagai gantinya, anda harus menuliskannya sebagai berikut:

**Tulisan Ini Bold**

Seperti yang sudah saya katakan, bagi sebagian orang hal ini tentu menyulitkan, namun bagi saya dan mungkin bagi rekan yang terbiasa mengetik dengan teknik 10 jari, hal ini akan jauh lebih mudah dan lebih cepat daripada meng-klik icon “B” pada TinyMCE.

Menggunakan Platform Node.Js

Saya tidak akan membahas mengenai apa itu node.js disini. Silahkan lihat nodejs.org jika anda penasaran. Yang ingin saya katakan disini adalah node.js adalah sebuah platform yang lumayan baru dan masih sangat sedikit hosting yang mendukung platform ini. Jika anda ingin meng-install ghost anda perlu meng-install VPS atau menyewa hosting luar negeri (itupun belum semuanya mendukung node.js).

Kelebihan ghost dibandingkan WordPress untuk para blogger

Kelebihan Ghost jika dibandingkan WordPress menurut penulis diantaranya adalah :

  1. Dirancang untuk blog.
  2. Lebih cepat karena menggunakan platform node.js
  3. Ukuran file yang lebih ringan.
  4. Tampilan lebih sederhana.

Kekurangan

Menggunakan platform baru yang belum tentu semua hosting bisa support, terutama shared hosting di Indonesia.

 

Ghost_Blogging_Platform_Logo_(2013).svg