Digitalmapia adalah situs dimana semua orang bisa menulis artikelnya sendiri. Klik "Login/Register untuk masuk, lalu klik "Tulis Artikel" untuk mulai menulis.

Bekerja dengan Laravel lebih cepat menggunakan Laravel Generators

Laravel-generators adalah sebuah package yang memungkinkan pengguna untuk membuat controller, model, dan sebagainya dengan lebih cepat. Laravel-generators dibuat oleh Jeffrey Ways. Untuk memasang laravel-generators pada Laravel yang telah anda instal anda perlu menambahkan perintah berikut pada file composer.json:

"require-dev": {
    "way/generators": "2.*"
},

Setelah itu, jalankan perintah composer update pada command-line. Tunggu sampai proses instalasi selesai. Setelah terinstal anda bisa melihat perintah apa saja yang bisa anda gunakan pada laravel-generators dengan menjalankan php artisan pada command-line.

Membuat Controller

Untuk membuat sebuah controller baru dengan menggunakan laravel-generators, anda tinggal menjalankan perintah:

php artisan generate:controller UserController

Pada contoh diatas, kita membuat sebuah controller dengan nama ‘UserController’. Sesuaikan nama controller tersebut dengan nama controller yang ingin anda buat.

Sekarang, jika anda buka direktori app/controller, maka anda akan melihat sebuat file baru bernama UserController.php dimana didalamnya sudah terdapat action-action seperti index, create, store dan sebagainya.

Membuat Migration

Sebenarnya, untuk membuat migration anda juga bisa melakukannya tanpa menggunakan laravel-generators yaitu dengan menggunakan perintah:

php artisan migrate:make create_user_table

Dimana create_user_table adalah nama migration yang akan kita buat. Untuk membuat migration dengan menggunakan Laravel-generators, lakukan perintah sebagai berikut:

php artisan generate:migration create_user_table

Jika, anda perhatikan, terdapat sedikit perbedaan pada kedua perintah diatas. Silahkan anda perhatikan pada file yang ter-generate. Maka, file yang tergenerate dengan menggunakan laravel-generators terlihat sedikit lebih lengkap dan memudahkan kita untuk melangkah ke proses selanjutnya.

Membuat Model

Untuk membuat model cukup gunakan perintah sebagai berikut:

php artisan generate:model Example

Maka sebuah file baru bernama Example.php akan terbentuk pada direktori app/model sebagai berikut:

<?php

class Example extends \Eloquent {
	protected $fillable = [];
}

Membuat View

Membuat view sangatlah mudah, ketikan perintah berikut melalui command-line:

php artisan generate:view Example

Dengan begitu, sebuah file baru akan dibuat pada direktori app/views dengan nama Example.blade.php.

Semoga Bermanfaat.

Laravel Wallpapper