Digitalmapia adalah situs dimana semua orang bisa menulis artikelnya sendiri. Klik "Login/Register untuk masuk, lalu klik "Tulis Artikel" untuk mulai menulis.

Belajar Bahasa pemrograman PHP Part 1 : Apa itu PHP?

PHP adalah sebuah bahasa pemrograman yang khusus digunakan untuk membuat website atau aplikasi berbasis web. Saat ini, jika anda sekedar ingin membuat sebuah ‘blog’ anda cukup menggunakan CMS (Content Management System). Namun, jika anda hendak membuat aplikasi yang cukup rumit seperti aplikasi Human Resources, Aplikasi Keuangan seperti reksadana, atau aplikasi lainnya yang memerlukan banyak kustomisasi, maka anda perlu mengerti tentang bahasa pemrograman.

PHP bukanlah satu-satunya bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membuat web. Bahasa pemrograman yang lainnya misalkan ASP.NET, Java dan Ruby. Untuk bahasa pemrograman yang lainnya, mungkin akan saya bahas lain kali.

Kalau anda cari di google, mungkin saat ini sudah banyak yang membahas tentang PHP, karena memang PHP sama sekali bukanlah hal yang baru. Banyak artikel yang membahas tentang PHP bisa anda temukan dengan mudah di internet baik yang berbahasa indonesia apalagi yang berbahasa inggris.

Nah, alasan saya menulis kembali tentang PHP adalah selain untuk mengingat kembali apa yang sebelumnya sudah saya pelajari, juga untuk menambah sumber bacaan yang mudah dipahami terutama bagi yang benar-benar baru dalam dunia pemrograman PHP. Jika anda adalah seorang programmer PHP yang sudah cukup berpengalaman di dunia kerja, saya kira tulisan bukanlah untuk anda :D.

Apa itu PHP?

Sebelumnya, sudah saya tulis bahwa PHP adalah bahasa pemrograman web. Namun, saya rasa tidak cukup hanya menjelaskannya sebagai bahasa pemrograman web. Dalam membuat website terkadang kita menggunakan bahasa lain juga, seperti HTML dan Javascript, perbedaan antara PHP, HTML dan Javascript secara sederhana adalah sebagai berikut:

PHP

  • Berjalan pada sisi server (Server Side Scripting Language) dimana kode program dieksekusi oleh web server.
  • Memerlukan sebuah web server untuk bisa menjalankan PHP.
  • Bisa digunakan untuk berinteraksi dengan database.
  • Bersifat dinamis, yaitu konten dapat berubah-ubah tergantung sumber datanya dan bagaimana data diolah.

HTML

  • Berjalan pada sisi client / browser dimana kode program dieksekusi oleh browser seperti Mozilla, Chrome dll.
  • Tidak bisa digunakan secara langsung untuk berinteraksi dengan database.
  • Tidak diperlukan web server untuk menjalankan HTML.
  • Konten bersifat statis.

Javascript

  • Berjalan pada sisi client / browser dimana kode program dieksekusi oleh browser seperti Mozilla, Chrome dll.
  • Umumnya tidak digunakan untuk berinteraksi dengan database, namun belakangan muncul beberapa framework yang menggunakannya untuk berinteraksi dengan database.
  • Tidak diperlukan web server.
  • Konten bisa bersifat dinamis.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, PHP berjalan pada web server. Web server adalah sebuah program yang digunakan untuk mengeksekusi program kemudian mengirimkannya ke browser untuk ditampilkan sebagai website. Contoh dari web server yang sering digunakan diantaranya Apache dan nginx yang merupakan web server free.

Closure

Uraian diatas hanyalah uraian sederhana tentang pengertian PHP dan kegunaannya serta bagai mana PHP dijalankan. Pada artikel berikutnya, kita akan membahas mengenai cara membuat tulisan ‘hello world’ pada PHP. Enjoy!

php wallpapper
  • rita

    Terimakasih
    artikelnya bermanfaat banget,

    Kamu butuh tutorial dalam menggunakan beberapa aplikasi komputer? Seperti
    office, adobe, programming dan lain-lain? Kunjungi kumpulan
    tutorial-tutorial gratis