Digitalmapia adalah situs dimana semua orang bisa menulis artikelnya sendiri. Klik "Login/Register untuk masuk, lalu klik "Tulis Artikel" untuk mulai menulis.

Belajar Bahasa Pemrograman PHP Part 2 : Membuat Hello World

Untuk tutorial kali ini pastikan anda sudah meng-install web server pada komputer anda. Jika, belum silahkan download XAMPP disini. Kemudian, install seperti ketika anda menginstall program biasa (bagi pengguna Windows). XAMPP adalah suatu paket program yang memungkinkan anda untuk meng-instal apache dan mysql server sekaligus, sehingga tidak merepotkan anda nantinya ketika program php anda memerlukan interaksi dengan database. Setelah XAMPP terinstall silahkan jalankan apache melalui XAMPP Control Panel.

xampp-control-panel

Untuk melakukan tes apakah XAMPP sudah jalan, ketikan http://localhost pada browser kemudian tekan enter. Maka sebuah halaman xampp akan muncul.

xampp-welcome-page

Berkenalan dengan root folder

Root folder atau disebut juga public folder atau webroot adalah sebuah folder tempat menyimpan file php yang kita buat. Misal ketika anda mengakses www.example.com/apasaja.php berarti anda mengakses file apasaja.php yang berada di dalam Root folder-nya situs www.example.com. Nah, setelah anda menginstall xampp, root folder anda akan berada pada direktori C://xampp/htdocs apabila anda menggunakan sistem operasi Windows.

Sekarang, buatlah sebuah folder baru pada direktori C://xampp/htdocs misalnya nama folder tersebut adalah belajar_php. Kemudian, di dalamnya tambahkan sebuah file bernama hello.php. Isi dari file hello.php adalah sebagai berikut:

<?php 

	echo "Hello World";

?>

Perhatikan pada contoh diatas, kita menampilkan sebuah tulisan “Hello World” pada PHP. Untuk menampilkan tulisan kita menggunakan syntax echo. Setiap program yang dibuat dengan PHP haruslah berada diantara pembuka <?php dan penutup ?>. Untuk menampilkan tulisan tersebut melalui browser silahkan ketikan http://localhost/belajar_php/hello.php pada browser. maka tulisan ‘Hello World’ akan ditampilkan.

Menampilkan hello world dengan bantuan variable

Variable adalah suatu tempat untuk menyimpan data. Data yang bisa disimpan contohnya adalah string, dimana tulisan ‘hello world’ seperti yang telah kita buat pada contoh diatas termasuk string. Perhatikan contoh kode berikut:

<?php 

	$hello = "Hello World";
	echo $hello;

?>

Jika contoh kode diatas anda jalankan melalui browser, maka hasilnya akan sama saja yaitu menampilkan tulisan hello world. Perbedaannya adalah kali ini “Hello World” disimpan terlebih dahulu ke dalam variable baru kemudian dilakukan ‘echo’ terhadap variabel tersebut. Pada contoh diatas nama variable tersebut adalah ‘hello’, anda juga bisa mengubah nama variable tersebut sesuai dengan keinginan anda. Perlu diingat bahwa nama variabel harus dimulai dengan tanda ‘$’ (dollar). Selain itu, untuk menentukan nama variabel ada aturan-aturan tertentu yang harus dipenuhi seperti tidak boleh diawali dengan angka dan lain-lain. Untuk aturan-aturan tersebut akan saya bahas lain kali.

NB: berbeda dengan bahasa pemrograman seperti Java dan C++, variabel pada php tidak perlu diinisialisasi terlebih dahulu. Jadi, enjoy aja! 😀

Menampilkan hasil penjumlahan

Syntax echo yang kita gunakan pada contoh diatas, juga bisa digunakan untuk menampilkan penjumlahan lo.. Perhatikan contoh berikut:

<?php 

	echo 1 + 1;

?>

atau

<?php 

	$jumlah = 1 + 1;
	echo $jumlah;

?>

Kedua contoh diatas hasilnya sama saja, yaitu menampilkan angka 2 pada browser. Dimana angka yang ditampilkan merupakan hasil penjumlahan dari kedua bilangan yang dituliskan pada kode program tersebut.

Sampai sini diharapkan anda sudah paham mengenai cara menjalankan file php, menampilkan hello world dengan perintah echo dan bagaimana menggunakan variabel sederhana. Pada tulisan selanjutnya, kita akan belajar mengenai if-else pada php. Simak terus ya.. 😀

php wallpapper
  • Faradillah Nurul Hikmah

    pak, gambarnya ada yg pecah