Digitalmapia adalah situs dimana semua orang bisa menulis artikelnya sendiri. Klik "Login/Register untuk masuk, lalu klik "Tulis Artikel" untuk mulai menulis.

Belajar Bahasa Pemrograman PHP Part 4 : Looping

Looping atau perulangan adalah suatu cara melakukan sesuatu secara berulang-ulang dengan menggunakan kode program. Misalnya, apabila kita ingin menampilkan “Hello World” sebanyak sepuluh kali, kita hanya perlu menuliskannya sekali. Kode php-lah yang akan menampilkannya sebanyak sepuluh kali. Looping pada php ada beberapa jenis, misalnya for, while, foreach dan do-while.

Looping menggunakan for

Untuk looping yang pertama yaitu for. Contoh cara menggunaka looping dengan menggunakan for adalah sebagai berikut:

<?php 

	for ($i=1; $i <= 10; $i++) { 
		echo "hello world";
	}

?>

Dengan menggunakan kode seperti diatas, maka tulisan ‘hello world’ akan ditampilkan sebanyak 10 kali. Perhatikan statement yang berada di dalam tanda kurung setelah for, pada statement tersebut dinyatakan bahwa nilai awal dari variabel $i adalah 1 ($i = 1). Kemudian, selama $i kurang dari sama dengan 10 maka perulangan akan terus dijalankan ($i <= 10) dimana setiap kali perulangan dilakukan nilai $i akan ditambahkan dengan 1 ($i++). Jadi, ketika program menampilkan “hello world” untuk pertama kali maka nilai $i adalah 1. Untuk yang kedua kali maka nilai $i adalah 2 dan seterusnya. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut:

<?php 

	for ($i=1; $i <= 10; $i++) { 
		echo "\n nilai variabel \$i sekarang adalah = ".$i;
	}

?>

Jika anda jalankan program diatas pada browser, maka akan ditampilkan kira-kira sebagai berikut:

nilai variabel $i sekarang adalah = 1
nilai variabel $i sekarang adalah = 2
nilai variabel $i sekarang adalah = 3
nilai variabel $i sekarang adalah = 4
nilai variabel $i sekarang adalah = 5
nilai variabel $i sekarang adalah = 6
nilai variabel $i sekarang adalah = 7
nilai variabel $i sekarang adalah = 8
nilai variabel $i sekarang adalah = 9
nilai variabel $i sekarang adalah = 10

Catatan : “\n pada contoh program diatas adalah untuk membuat baris baru.

Looping menggunakan while

Baik dengan menggunakan while ataupun for, pada prinsipnya proses perulangan itu sama saja. Contoh cara membuat perulangan dengan menggunakan while adalah sebagai berikut:

<?php 

	$i = 1;
	while ($i <= 10) {
		echo "Hello World";
		$i++;
	}

?>

Pada contoh penggunaan while diatas, hampir sama dengan ketika menggunakan for yaitu terdapat inisialisasi variabel yaitu $i = 1 , kemudian terdapat pula batasan sampai kapan perulangan akan dilakukan yaitu selama $i <= 10. Selain, itu juga terdapat $i++ yang merupakan faktor penambah pada variabel $i.

Looping menggunakan do-while

Looping dengan menggunakan do-while pada dasarnya sama saja dengan while. Yang membedakan adalah kondisi dituliskan di bagian akhir perulangan, perhatikan contoh berikut:

<?php 

	$i = 1;
	do{
	   echo "Hello World";
	   $i++;
	}while ($i <= 10)

?>

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa manusia kode diatas berarti “lakukan (do) semua perintah yang ada di dalam kurung kurawal, selama (while) $i kurang dari sama dengan sepuluh.

closure

Diatas, anda telah belajar tentang looping. Diharapkan setelah membaca tulisan ini anda bisa paham mengenai looping. Jika ada yang perlu ditanyakan anda bisa memberikan komentar pada kolom komentar di bawah. Khusus untuk looping menggunakan foreach, akan dibahas pada artikel selanjutnya karena anda perlu memahami tentang array terlebih dahulu sebelum belajar menggunakan foreach.

php wallpapper
  • imran jayadi

    Z masih awam di php gan. Z mau nanya untuk bentuk perulangan foeach ny mna ? Trus untuk perulangan for,while,do-while. Jika nilai sdh bernilai 10 dan z mau di perulangan ke 4 itu ngg muncul ,jadi dia langsung mencetak nilai 5 itu bgaimna ?