Digitalmapia adalah situs dimana semua orang bisa menulis artikelnya sendiri. Klik "Login/Register untuk masuk, lalu klik "Tulis Artikel" untuk mulai menulis.

Belajar Bahasa Pemrograman PHP Part 5: Array pada PHP

Apa itu Array?

Array adalah suatu cara menyimpan banyak data dalam satu variabel. Biasanya dalam bahasa pemrograman lain, data-data yang disimpan pada array haruslah data yang sejenis. Namun, pada PHP anda bebas menyimpan data dengan tipe apa saja misalkan string dan integer. Kemudian, data-data yang disimpan dalam variabel tersebut bisa dibedakan dengan menggunakan index. Berikut ini adalah contoh cara mendeklarasikan array pada PHP:

<?php 
	$my_array = array("mangga", "melon", "apel", "jeruk");
?>

Dengan mendefinisikan array seperti pada contoh diatas, maka secara otomatis item-item yang terdapat pada array tersebut memiliki index yang dimulai dari angka 0. Dengan demikian, “mangga” memiliki index 0, melon memiliki index 1, apel memiliki index 2 dan jeruk memiliki index 3. Jika anda hendak menampilkan “apel” dari dalam array tersebut maka anda bisa menggunakan syntax sebagai berikut:

<?php 
	$my_array = array("mangga", "melon", "apel", "jeruk");

	echo $my_array[2];
?>

Angka 2 pada syntax diatas menunjukkan index dari array $my_array. Dengan cara tersebut, kita akan menampilkan data dari $my_array yang memiliki index = 2. Untuk lebih jelasnya, array diatas juga bisa didefinisikan seperti berikut:

<?php 
	$my_array = array(0 => "mangga", 1 => "melon", 2 => "apel", 3 => "jeruk");
?>

Hasil dari syntax diatas sama saja dengan pendefinisian array sebelumnya. Cara lain untuk mendefinisikan array adalah sebagai berikut:

<?php 
	$my_array[0] = "mangga";
	$my_array[1] = "melon";
	$my_array[2] = "apel";
	$my_array[3] = "jeruk";
?>

Array dengan tipe data campuran

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, bahwa array pada php mendukung tipe data campuran. Perhatikan contoh dibawah ini:

<?php 
	$my_array = array(0 => "mangga", 1 => 125, 2 => true);
?>

Menambahkan data pada array yang sudah didefinisikan

Pada bahasa pemrograman lain, misalnya java ketika sebuah array sudah didefinisikan, maka jumlah data pada array tersebut tidak bisa ditambah lagi. Berbeda dengan PHP, pada PHP anda bisa menambahkan data baru pada array sesukanya. Misal:

<?php 
	$my_array = array("mangga", "melon", "apel", "jeruk");

	......

	$my_array[4] = "semangka";
?>

Membuat index sembarang

Index pada array tidaklah selalu harus berupa angka, dan tidaklah selalu harus terurut. Dengan kata lain, anda bisa saja membuat index secara sembarang sesuai selera anda. Hal ini tidak akan anda temui dalam bahasa pemrograman lainnya. Contoh penggunaan index sembarang adalah sebagai berikut:

<?php 
	$my_array = array("buah1" => "mangga", "buah_dua" => "melon", "buah_apel" => "apel", 3 => "jeruk");
?>

atau

<?php 
	$my_array["buah1"] = "mangga";
	$my_array["buah_dua"] = "melon";
	$my_array["buah_apel"] = "apel";
	$my_array[3] = "jeruk";
?>

Untuk menampilkan salah satu data di browser caranya sama saja. Misal, anda ingin menampilkan buah melon. Maka, anda tinggal melakukannya dengan cara sebagai berikut:

<?php 
	$my_array = array("buah1" => "mangga", "buah_dua" => "melon", "buah_apel" => "apel", 3 => "jeruk");

	echo $my_array["buah_dua"];
?>

Dimana “buah_dua” adalah index dari “melon”.

Menampilkan seluruh data dengan menggunakan foreach

Sebelumnya, saya telah membahas mengenai looping. Nah, foreach adalah salah satu bentuk dari looping yang khusus digunakan untuk menampilkan data dari sebuah array. Misal:

<?php 
	$my_array = array(0 => "mangga", 1 => "melon", 2 => "apel", 3 => "jeruk");

	foreach ($my_array as $index => $nilai){

		echo "array dengan index ".$index." memiliki memiliki nilai = ".$nilai;
	}
?>

Saya rasa dengan membaca syntax diatas anda bisa tahu cara penggunaan foreach. Perhatikan, pada tanda kurung setelah `foreach`, $my_array adalah array yang telah kita definisikan sebelumnya, $index adalah variabel yang akan digunakan didalam foreach untuk menampilkan index array. Sedangkan $nilai adalah variabel yang akan digunakan di dalam foreach untuk menampilkan $nilai dari array tersebut.

Closure

Array adalah sebuah metode pada bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menyimpan banyak data dalam satu variabel. Pada contoh diatas, anda telah belajar mengenai array dalam satu dimensi. Apa itu array satu dimensi? saya akan jelaskan pada tulisan berikutnya mengenai array multidimensi. Selain itu, anda telah mengetahui cara menggunakan foreach untuk menampilkan array. Semoga tulisan diatas bermanfaat.

php wallpapper
  • Monique Hasiru

    thank u so much.. sangat bermanfaat. ^_^

  • Muhammad Amri

    Terimakasih banyak gan tutorialnya.