Digitalmapia adalah situs dimana semua orang bisa menulis artikelnya sendiri. Klik "Login/Register untuk masuk, lalu klik "Tulis Artikel" untuk mulai menulis.

Belajar Membuat Package Pada Laravel 4 : Part 2

Pada tulisan sebelumnya, kita telah belajar contoh bagaimana menggunakan package pada Laravel. Kali ini, kita akan menggenerate sebuah package baru dengan bantuan workbench. Tulisan ini adalah bagian kedua dari seri tutorial membuat package pada Laravel:

Berikut langkah-langkah membuat package untuk menggenerate package.

Setting Konfigurasi Workbench

Pertama-tama, buka file app/config/workbench.php setelah itu, tentukan nama dan alamat email yang ingin anda gunakan untuk membuat workbench.

<?php

return array(

	'name'  => 'sleepingkomodo',
	'email' => 'sleepingkomodo@digitalmapia.com',

);

?>

Sebagai contoh nama yang saya gunakan adalah sleepingkomodo dan alamat email yang saya gunakan adalah sleepingkomodo@digitalmapia.com. Nama dan alamat email tersebut nantinya akan digunakan pada composer.json yang terdapat pada folder package yang anda buat.

Generate Package

Untuk membuat package caranya cukup mudah, pada command-line masuk ke direktori laravel anda. Kemudian, jalankan perintah dengan format sebagai berikut:

php artisan workbench vendor/package --resources

Dimana vendor adalah nama pembuat package, bisa nama anda atau nama perusahaan / team anda. Sedangkan, package adalah nama package itu sendiri. Sebagai contoh, package yang saya buat saya beri nama ‘hello’, dengan nama vendor ‘sleepingkomodo’.

php artisan workbench sleepingkomodo/hello --resources

--resources berarti anda ingin menambahkan folder-folder khusus yang biasa terdapat pada Laravel ke dalam direktori package yang kita buat. Folder tersebut seperti controller, model dan views. Jika, anda membuat package yang tidak hanya khusus bisa digunakan pada Laravel (bisa digunakan pada PHP non framework atau framework selain Laravel) anda tidak perlu menuliskan --resources.

php artisan workbench vendor/package

Struktur Folder

Sekarang, setelah anda menjalankan perintah diatas, anda akan melihat adanya folder baru bernama workbench dimana pada folder tersebut terdapat package yang ter-generate ketika menjalankan perintah php artisan workbench sleepingkomodo/hello --resources.

laravel package

Seperti anda lihat pada folder diatas, pada workbench terdapat folder sleepingkomodo dan di dalam folder sleepingkomodo terdapat folder dengan nama hello. Jika anda membuat lebih dari satu package, misalnya satu bernama hello dan satu lagi bernama world, maka didalam folder sleepingkomodo akan terdapat 2 folder masing-masing bernama hello dan world dimana masing-masing folder merupakan package yang kita buat.

Sekarang, anda perhatikan ke dalam folder hello. Didalamnya, terdapat folder dengan nama src Pada folder tersebutlah semua kode program untuk membuat package akan disimpan. Selain itu, pada folder hello juga terdapat file composer.json dimana dependency yang dibutuhkan disimpan.

Perjalanan Dimulai

Sekarang, anda sudah tahu langkah awal dalam membuat package pada Laravel. Sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya, coba masuk ke dalam folder workbench/sleepingkomodo/hello melalui command-line. Kemudian jalankan perintah berikut:

composer install

Tunggu beberapa saat sampai komponen yang dibutuhkan terinstal. Setelah itu, anda bisa melangkah ke tahap selanjutnya. Tahap selanjutnya akan saya jelaskan pada bagian 3 dari tulisan ini. Ditunggu ya… 😀

Semoga bermanfaat.

Laravel Wallpapper