Digitalmapia adalah situs dimana semua orang bisa menulis artikelnya sendiri. Klik "Login/Register untuk masuk, lalu klik "Tulis Artikel" untuk mulai menulis.

Berkenalan dengan Elementary OS Luna

Jika anda sudah bosan dengan OS lama anda, atau ingin mencoba-coba OS yang baru, mungkin Elementary OS Luna adalah salah satu yang perlu anda coba. Elementary OS adalah sebuah distro linux yang merupakan turunan dari ubuntu. Versi sebelumnya dari Elementary OS adalah Elementary OS Jupiter yang merupakan versi 0.1. Sedangkan, Luna adalah versi 0.2.

Secara umum, Elementary OS Luna dikenal sangat stabil jika dibandingkan ubuntu. Dari segi tampilan, OS ini mirip dengan Mac OS. Barangkali, desainer dari Elementary OS sangat terpengaruh dengan tampilan dari OS buatan apple tersebut.

Jika anda ingin mencoba Elementary OS Luna, anda bisa menginstall-nya seperti ketika anda menginstall ubuntu, bahkan OS ini juga bisa dijalankan melalui flashdisk atau CD dengan menggunakan fitur live CD.

Aplikasi Bawaan

Secara bawaan, terdapat beberapa aplikasi pada Elementary OS, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Midori, merupakan browser bawaan dari Elementary OS.
  • Geary, Dibandingkan dengan ubuntu yang menggunakan Thunderbird sebagai email client, Elementary OS menggunakan Geary.
  • Noise, Pemutar musik.
  • Pantheon, Pantheon merupakan aplikasi pengolahan file. Sama seperti File Explorer di windows dan Nautilus di Ubuntu.

Aplikasi lainnya yang sudah diinstall secara bawaan seperti Maya (Calendar), Scratch (Text Editor), Empathy, Totem, Simple Scan, Software dan Ubuntu Software Center. Karena, Elementary OS adalah ubuntu, maka tentu saja aplikasi-aplikasi ubuntu bisa dijalankan pada OS ini. Kelemahannya adalah aplikasi-aplikasi tersebut sebenarnya dibuat untuk ubuntu, bukan khusus untuk Elementary OS sehingga terkadang secara tampilan menjadi tidak sesuai dengan Elementary OS Luna. Tapi jangan khawatir, aplikasi-aplikasi tersebut masih bisa berjalan dengan baik.

Antarmuka

Elementary OS Luna menggunakan antarmuka window manager yang disebut Gala, yang memiliki fitur animasi yang halus dan terdapat fitur ‘workspace switcher’ (Super + S / Windows + S) dan fitur expose yang bagus (Super + W / Windows + W). Anda bisa melihat fitur-fitur ini pada video di bagian bawah artikel ini.

Pada bagian kanan atas, terdapat ‘wingpanel’. Pada wingpanel terdapat indicator yang menunjukkan kapasitas baterai, volume suara, notifikasi pesan dan lain-lain. Sama seperti ketika anda menggunakan ubuntu.

WIngpanel ElementaryOS Luna

Kemudian jika anda klik pada bagian kiri atas, akan muncul slingshot yang merupakan launcher aplikasi. Pada slingshot, anda bisa melakukan pencarian aplikasi dengan mengetikan nama aplikasi pada textbox maupun memilih berdasarkan kategori.

ElementaryOS Slingshot

Untuk berpindah antar aplikasi, Elementary OS menggunakan plank. Plank mirip dengan dock pada Mac OS, animasi yang digunakan pun mirip. Berikut adalah tampilan plank pada Elementary OS Luna:

ElementaryOS Plank

Untuk tampilan, Elementary OS menggunakan GTK themes dan icon themes yang dibuat oleh Daniel Fore secara bawaan. Ketika pertama kali menggunakannya, anda akan terkejut betapa bagus tampilan dari OS ini, meskipun sangat mirip dengan Mac OS.

Download : http://elementaryos.org/

ElementaryOS