Digitalmapia adalah situs dimana semua orang bisa menulis artikelnya sendiri. Klik "Login/Register untuk masuk, lalu klik "Tulis Artikel" untuk mulai menulis.

Berkenalan dengan Laravel

Alasan menggunakan laravel

Bagi teman-teman yang sudah tidak asing lagi dengan PHP pasti sudah tahu dengan yang namanya PHP Framework. Nah, kali ini saya akan membahas mengenai Laravel, salah satu framework yang lumayan baru. Mungkin di antara teman-teman ada yang berpikir, kenapa sih harus ada framework baru? kenapa gak pake yang sudah ada aja semisal CodeIgniter atau Yii?, kenapa harus Re-invent The Wheel? Berikut beberapa alasannya menurut Taylor Otwell (Core Developer Laravel) :

  1. Expressif. Laravel adalah sebuah framework PHP yang expressif, artinya ketika melihat suatu syntax Laravel, seorang programmer “diharapkanakan langsung tahu kegunaan dari syntax tersebut meskipun belum pernah mempelajarinya apalagi menggunakannya.
  2. Simple. Salah satu yang membuat Laravel begitu simple adalah adanya Eloquent ORM. Misalkan, kita ingin mengambil semua data yang ada pada tabel users. Maka yang kita perlukan, hanya membuat sebuah class model bernama User :
    Kemudian kita tinggal memasukan semua data dari tabel users tersebut dengan cara sebagai berikut :

    $all_user = User::all();

    Dengan begitu, semua data dari tabel users, akan dengan mudah diakses dengan melakukan looping terhadap variabel $all_user. Saya akan bahas dengan lebih jelas lain kali.

  3. Accesible. Bagi teman-teman yang sudah terbiasa dengan PHP Framework, saya yakin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya CodeIgniter. Ya CodeIgniter merupakan salah satu PHP Framework yang paling populer, meskipun sebenarnya ada suatu framework yang bisa dibilang lebih superior jika dibandingkan dengan CodeIgniter. Misalnya, saja Kohana. Kohana bisa dibilang memiliki fitur yang lebih bagus jika dibanding CodeIgniter. Namun demikian, CodeIgniter memiliki dokumentasi yang sangat lengkap sehingga framework ini menjadi lebih mudah digunakan. Nah, begitu pula dengan Laravel, Laravel-pun dibuat dengan dokumentasi yang selengkap mungkin. Core Developer dari laravel sendiri ber-komitmen, untuk selalu menyertakan dokumentasi yang lengkap setiap kali melakukan rilis versi terbaru-nya.

Cara install laravel

Bagi yang belum tahu cara meng-install Laravel pada server lokal, berikut saya akan jelaskan langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, silahkan instal composer pada komputer teman-teman. Composer bisa anda download di http://getcomposer.org.
  2. Selanjutnya, teman-teman bisa langsung download Laravel melalui repository-nya di sini.

    Download laravel

    Download laravel

  3. Setelah itu, extract file laravel-master.zip yang telah di-download dan letakan pada root direktori. Bagi yang menggunakan xampp dan windows 8, maka root direktori yang dimaksud adalah C://xampp/htdocs.

    laravel pada folder xampp

    Laravel pada folder xampp

  4. Ubah nama direktori tersebut sesuai selera anda (optional). Dalam contoh kali ini saya akan ubah laravel-master menjadi lrv supaya lebih pendek.
  5. Setelah itu, silahkan akses http://localhost/lrv/public. Pasti error kan?? :D. Jangan panik, mari ikuti langkah selanjutnya.
  6. Buka command-prompt. Kemudian masuk ke dalam folder C://xampp/htdocs/lrv dengan cara mengetikan syntax berikut:
     cd c://xampp/htdocs/lrv
  7. Lalu ketik composer install, kemudian tekan enter dan tunggu beberapa saat, composer akan men-download dependency yang dibutuhkan.
  8. Setelah proses selesai silahkan refresh kembali browser anda. Maka akan akan muncul icon Laravel, sebagai tanda bahwa Laravel telah berhasil di-install.

    Tampilan pertama laravel

    Tampilan pertama laravel

Cara membuat virtualhost dengan menggunakan xampp.

Sebelumnya, apabila kita ingin membuka halaman utama dari instalasi Laravel yang telah kita buat, maka kita harus mengetikan url seperti berikut pada web browser : http://localhost/lrv/public . Nah, kali ini kita akan mengubahnya menjadi lebih pendek menjadi sebagai berikut: http://lrv.dev . Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama buka direktori C:\Windows\System32\Drivers\etc. Pada direktori tersebut terdapat sebuah file bernama “hosts”. Buka file tersebut dan tambahkan text sebagai berikut di bagian paling bawah:
    127.0.0.1       lrv.dev
  • Selanjutnya, buka direktori C:\xampp\apache\conf\extra. Kemudian buka file “httpd-vhosts.conf” yang ada pada direktori tersebut dan tambahkan text sebagai berikut pada bagian paling bawah:
    <VirtualHost *:80>
        DocumentRoot "C:/xampp/htdocs/lrv/public"
        ServerName lrv.dev
        ServerAlias www.lrv.dev
    </VirtualHost>
  • Restart Apache melalui Xampp Control Panel, kemudian buka http://lrv.dev melalui browser teman-teman.
  • Virtual Host telah berhasil dibuat.
Laravel Wallpapper
  • andre bhaskoro

    mau tanya nih..
    file host di C:WindowsSystem32Driversetc sdah di buka pake n++ dan sdah ditambahkan text sesuai tutorialnnya, tapi gk bisa di save, ada solusi gk?

    • digitalmapia

      copy dulu file-nya misal ke D, kemudian ubah filenya lalu copy lagi ke folder tersebut, timpa yang sudah ada.

      • Febry

        selalu ty again, kalw ditimpah..

    • http://soerganda.com Aam Soerganda

      buka n++ nya dengan cara klik kanan run as administrator and then buka C:WindowsSystem32Driversetc , modif and save.

  • Pingback: Cara install Laravel menggunakan web server nginx di ubuntu - Digitalmapia()

  • Samsul Arifin

    Saya selalu gagal waktu instalasi, tampil nya kayak gini terus
    the contents of https://packagist.org/p/laravel/laravel …..json do not match its signature. this should indicate a man-in-the-middle attack. Kenapa ya ?

  • sgtkuncoro

    oii gan , saya udah buat virtual host sesuai dengan panduan di atas tp koq setelah di aksies not found yak ,, mohon pencerahanya gan

  • xavier calvin

    em mau tanya ya. gini kok punyaku nggak muncul icon laravel malah cuma muncul tulisan laravel 5 aja ???