Digitalmapia adalah situs dimana semua orang bisa menulis artikelnya sendiri. Klik "Login/Register untuk masuk, lalu klik "Tulis Artikel" untuk mulai menulis.

Membuat command sederhana pada Laravel

Selama menggunakan Laravel anda mungkin sudah terbiasa dengan yang namanya command seperti :

php artisan migrate

atau

php artisan migrate:make create_user_table

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat command sendiri. Dengan menggunakan Laravel hal itu sangat mungkin untuk dilakukan. Fitur untuk membuat command sendiri merupakan hal yang sangat berguna ketika menggunakan Laravel.  Untuk itupertama-tama masuk ke dalam direktori Laravel anda melalui command line, apabila anda menggunakan windows, jalankan perintah berikut:

cd C://xampp/htdocs/laravel

Kemudian jalankan perintah berikut:

php artisan command:make nama_command

Maka sebuah file .php baru akan otomatis dibuat pada folder app/commands.

Laravel commands folder

Setelah itu anda harus mengubah properti name dan description dari class yang tergenerate. Yang akan digunakan untuk menampilkan command pada list screen. Misalnya, kita akan mengubah kedua properti tersebut menjadi sebagai berikut:

  protected $name = 'nama:commandmu';
  protected $description = 'Ini adalah command buatan saya :D';

Setelah itu, buka file app/start/artisan.php kemudian tambahkan kode sebagai berikut:

Artisan::add(new nama_command);

Dengan begitu, command yang anda buat telah didaftarkan pada aplikasi. Setelah anda mendaftarkan command tersebut, anda perlu menjalankan perintah composer dump-autoload agar class yang tersebut secara otomatis ter-include oleh aplikasi. Untuk melihat daftar seluruh command yang ada pada aplikasi anda, anda bisa menjalankan perintah:

php artisan

Maka seluruh command akan ditampilkan termasuk didalamnya command yang baru saja anda buat:

Laravel command

Sekarang, kita akan membahas method yang terdapat pada class ‘nama_command’ yang telah ter-generate. Ada 3 method yaitu:

fire

Method ini merupakan method utama yang akan dijalankan pertama kali. Pada method inilah anda bisa menulis kode program dari command yang anda buat.

getArguments

Method ini digunakan untuk menentukan argument-argument apa saja yang diperlukan ketika anda menjalankan sebuah command.  Perhatikan bahwa method tersebut mengembalikan nilai berupa array.

protected function getArguments()
{
   return array(
  array('example', InputArgument::REQUIRED, 'An example argument.'),
   );
}

Jika anda jalankan command yang anda buat dengan menggunakan perintah php artisan nama:commandmu maka akan terjadi error karena argument ‘example’ pada command diatas sifatnya required (wajib diisi). Untuk sementara, komen terlebih dahulu argumen tersebut:

protected function getArguments()
{
   return array(
  //array('example', InputArgument::REQUIRED, 'An example argument.'),
   );
}

Sekarang jika anda menjalankan kembali php artisan nama:commandmu tidak akan terjadi error namun juga tidak terjadi apa-apa karena anda belum menambahkan apapun ke dalam method fire.

getOptions

Method ini hampir sama dengan method getArguments hanya saja method getOptions digunakan untuk menentukan options bukan arguments. Perbedaan antara arguments dan options adalah arguments biasanya digunakan untuk menentukan sesuatu yang wajib diisi, misal:

php artisan migrate:make nama_file_migration

Pada perintah diatas, nama_file_migration merupakan sebuah arguments. Apabila arguments tersebut tidak disertakan, maka akan perintah tersebut akan menghasilkan pesan error.

Menampilkan Hello World

Untuk menampilkan ‘Hello World’ pada command yang anda buat, caranya sangat mudah sekali. Cukup ubah method fire menjadi seperti berikut:

public function fire()
{
  echo "Hello World \n";
}

Kemudian jalankan perintah php artisan nama:commandmu pada command line. Maka, tulisan ‘Hello World’ akan ditampilkan.

Cheers.

Laravel Wallpapper