Digitalmapia adalah situs dimana semua orang bisa menulis artikelnya sendiri. Klik "Login/Register untuk masuk, lalu klik "Tulis Artikel" untuk mulai menulis.

Membuat todo list sederhana pada sublime text menggunakan PlainTasks Package.

Sublime text merupakan text editor yang terlihat sederhana namun memiliki berbagai macam kelebihan. Sebelumnya, saya telah membahas tentang cara menginstal dan menggunakan package control pada sublime text. Salah satu package yang bisa anda gunakan adalah PlainTasks. PlainTasks adalah sebuah package yang bisa anda gunakan untuk membuat todo list. Perhatikan gambar di bawah ini:

task-in-plaintasks

Jika anda perhatikan gambar diatas, anda akan melihat sebuah todo list yang dibuat di dalam sublime text. Keren kan? 😀

Untuk membuat todo list seperti itu, kita menggunakan sebuah package bernama PlainTasks. Untuk itu, silahkan instal PlainTasks dengan menekan CTRL + SHIFT + P. Kemudian, pilih menu Install Package. Lalu, ketikan ‘PlainTasks’. Pada list yang muncul, pilih/klik ‘PlainTasks’ lalu tunggu sampai PlainTasks berhasil diinstal. Sebagai catatan, anda perlu terhubung ke internet untuk melakukan proses ini.

Membuat dokumen tasks baru

Untuk membuat dokumen tasks baru tekan CTRL + N kemudian simpan dengan nama task.todo. Anda boleh menyimpannya dengan nama apapun asalkan dengan akhiran .todo. Setelah tersimpan, maka anda akan melihat halaman berubah warna menjadi krem/kuning (saya kurang begitu yakin warna apa itu, :P).

blank-task

Membuat task group

Setelah halaman baru dibuat, sekarang waktunya membuat task group. Caranya sangat mudah, Ketikan kata apapun yang anda suka diakhiri dengan titik 2 misalnya Daftar Belanjaan: atau Daftar Tugas:. Perhatikan contoh berikut:

task group plaintask

Dengan mengetikan kata sembarang kemudian diakhiri titik dua. Maka, kata tersebut otomatis akan berubah menjadi berwarna merah. Menandakan task group baru telah dibuat.

Membuat task

Sekali lagi anda akan melihat kemudahan yang ditawarkan oleh PlainTasks. Untuk membuat sebuah task baru anda tinggal menekan CTRL + I kemudian langsung mulai mengetik.

task plaintasks sublime text

Menandai bahwa sebuah task sedang dimulai

Untuk menandai bahwa task yang anda buat sudah dimulai, anda tinggal mengetikan huruf ‘s’ pada bagian paling belakang task yang dimaksud. Setelah itu, tekan tombol TAB. Maka secara otomatis huruf ‘s’ tersebut akan berubah menjadi ‘@started’.

task started plaintasks

Menandai bahwa sebuah task akan dikerjakan hari ini

Untuk menandai bahwa sebuah task akan anda kerjakan hari ini, anda bisa menambahkan huruf ‘t’ pada bagian paling belakang task yang dimaksud. Setelah itu, tekan tombol TAB. Maka secara otomatis huruf ‘t’ tersebut akan berubah menjadi ‘@today’.

today plaintasks

Menandai bahwa sebuah task sudah selesai

Untuk menandai bahwa sebuah task sudah selesai, anda tinggal menempatkan kursor pada task yang dimaksud kemudian tekan CTRL + D. Untuk membatalkannya, anda tinggal menekan lagi CTRL + D. Mudah bukan?

done tasks plaintasks

Kesimpulan

Sublime Text merupakan text editor yang bukan hanya memiliki banyak kelebihan, tetapi juga tersedianya banyak package menarik yang bisa anda gunakan. PlainTasks ini hanya salah satu contoh dari sekian banyak package yang bisa dipasang pada sublime text. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda.

Thanks 😀

sublime text 2 logo