Digitalmapia adalah situs dimana semua orang bisa menulis artikelnya sendiri. Klik "Login/Register untuk masuk, lalu klik "Tulis Artikel" untuk mulai menulis.

Mengejutkan, ternyata ini cara hemat untuk memutihkan gigi.

Tampak sehat dan menarik sepertinya sudah menjadi keharusan bagi banyak orang. Salah satunya standarnya mungkin adalah dengan memiliki gigi yang putih. Banyak orang saling bertanya bagaimana cara mereka memutihkan gigi, dan mencari cara terbaik yang paling hemat untuk memiliki gigi putih berkilauan (dan menyilaukan :) ).

Berikut ini adalah cara alami yang ternyata dapat memutihkan gigi dan tentunya hemat tanpa harus ke dokter gigi atau apotik. Selain itu, cara ini alami dan bebas dari bahan kimia yang beresiko.

Kunyit Sebagai Penghilang Noda

kunyit memutihkan gigi

Kunyit secara mengejutkan dapat menghilangkan noda kekuningan dari permukaan gigi. Cara menggunakan kunyit sebagai penghilang noda ini sangatlah sederhana. Yang perlu anda lakukan adalah menghaluskan kunyit hingga benar-benar halus. Setelah itu, gunakan kunyit yang telah halus tersebut untuk menyikat gigi seperti biasa, seperti anda menggunakan pasta gigi. Setelah itu, jangan dulu dibilas, tunggu tiga sampai lima menit.

Setelah itu, bilas hingga bersih lalu sikat lagi dengan menggunakan pasta gigi biasa. Jika ada sisa kunyit yang masih tersisa di mulut, pastikan anda membersihkannya.

Sebagai bahan yang benar-benar alami, kunyit sangat aman digunakan setiap hari. Hasilnya akan terlihat setelah penggunaan selama beberapa hari sampai seminggu. Kadang-kadang, saat pertama kali anda gunakan hasilnya sudah terlihat.

Kunyit mungkin bisa membuat sikat gigi menjadi kuning. Namun, tidak masalah karena masih bisa digunakan. Selain itu, mengganti sikat gigi masih lebih murah daripada harus ke apotik atau dokter gigi bukan? :)

Minyak Kelapa

minyak kelapa putihkan gigi

Alternatif lain, dengan menggunakan cara yang sama seperti diatas, anda juga bisa mencampur kunyit dengan minyak kelapa untuk hasil yang lebih maksimal.

Campur 1/4 sdt kunyit yang telah dihaluskan dan 1/8 sdt minyak kelapa. Kemudian, gunakan sikat gigi untuk membersihkan gigi anda dengan campuran tersebut. Tunggu tiga sampai lima menit, barulah anda boleh membilasnya. Setelah membilasnya, gunakan pasta gigi biasa untuk menyikat gigi anda. Hasilnya, akan terlihat setelah pemakaian secara konsisten selama beberapa hari.

Baking Soda dan Jus Lemon

Campuran baking soda dan jus lemon terkenal dengan khasiatnya memutihkan gigi. Namun demikian, perlu diingat bahwa ketika baking soda bersentuhan terlalu lama dengan gigi dapat menimbulkan rasa nyeri pada gusi serta dapat merusak email gigi. Campur beberapa sendok teh baking soda dan jus lemon secukupnya. Oleskan pada gigi dan diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas. (Jika anda menambahkan air pada baking soda, anda bisa mendiamkannya selama maksimal 3 menit).

Baking soda, Stroberi dan Garam.

Campuran ini bisa digunakan baik dengan atau tanpa baking soda. Garam benar-benar bisa membersihkan kotoran pada permukaan gigi sedangkan vitamin C dan malic acid yang terdapat pada stroberi dapat membersihkan kotoran yang berwarna kuning pada permukaan gigi.

Tumbuk 3 buah stroberi berukuran besar ditambah sedikit garam ( bisa ditambah setengah sendok teh baking soda), oleskan secara merata pada gigi dan biarkan selama lima menit. Kemudian bersihkan. Disarankan untuk menggunakan campuran ini secara rutin pada malam hari.

Sebagai tambahan, ada beberapa hal yang harus anda ketahui ketika memutihkan gigi.

Menurut penelitian, tidak semua pemutih gigi memiliki dampak langsung. Beberapa diantaranya, perlu waktu penggunaan yang konsisten selama beberapa minggu sampai bulan agar efeknya dapat terlihat, namun ada juga yang singkat. Beberapa yang menghambat proses pemutihan gigi diantaranya kopi, rokok dan soda karena ketiganya dapat membuat gigi menjadi kuning, disarankan untuk minum soda (kopi?) menggunakan sedotan untuk mencegah kontak dengan gigi.

Meskipun cara-cara diatas tidak akan sekaligus memutihkan gigi. Namun, jelas memiliki efek dan tentunya lebih hemat.

cara memutihkan gigi