Digitalmapia adalah situs dimana semua orang bisa menulis artikelnya sendiri. Klik "Login/Register untuk masuk, lalu klik "Tulis Artikel" untuk mulai menulis.

Panduan membuat website pribadi dan website bisnis untuk pemula : Intro

Tulisan ini dimaksudkan untuk pemula yang ingin membuat website sendiri namun tidak tahu bagaimana memulai dan bagaimana caranya. Ada banyak cara untuk membuat website sendiri, baik dengan cara gratis maupun berbayar. Disini saya tidak akan menawarkan jasa pembuatan website dan semacamnya, namun hanya panduan membuat website sendiri. Apa yang dibahas pada tulisan ini bisa anda gunakan untuk membuat website pribadi ataupun bisnis, jadi sebenarnya judul diatas tidaklah berpengaruh 😀

Apa yang akan kita pelajari?

Pada tulisan ini kita akan membahas mengenai bagaimana membuat website sendiri dari yang gratis hingga yang berbayar. Untuk yang gratisan dikenal adanya blog seperti blogspot, wordpress.org dsb. Untuk yang berbayar, kita akan menggunakan jasa hosting yang kita sewa sendiri. Jangan khawatir, hosting jaman sekarang sangatlah terjangkau dari segi harga. Ada banyak paket hosting di luar sana yang menawarkan harga kurang dari 200ribu per tahun untuk hosting dan sudah termasuk nama domain.

Membuat Blog di WordPress dan Blogspot

Membuat blog gratisan baik menggunakan WordPress.com maupun Blogspot/Blogger merupakan cara paling mudah dan gratis dalam membuat website sendiri. Sepertinya, saya tidak perlu berpanjang lebar mengenai bagaimana cara membuat blog di Blogspot dan WordPress.com karena diluar sana sudah sangat banyak artikel yang membahas hal tersebut. Jika anda cari dengan kata kunci “Cara Membuat Blog di WordPress” atau “Cara Membuat Blog di Blogspot” mungkin hasilnya akan ratusan :D. Yang pasti untuk membuat Blog di WordPress anda harus berkunjung ke WordPress.com dan untuk membuat Blog di Blogspot anda perlu membuka Blogger.com.

Pada WordPress dan Blogspot, alamat yang digunakan akan berakhiran “.wordpress.com” atau “.blogspot.com”. Sebagai contoh jika nama situs anda “leonardo” maka alamat situs wordpress anda bisa “leonardo.wordpress.com” dan alamat blogger anda “leonardo.blogspot.com”.

wordpress

Membuat Blog dengan menggunakan Tumblr

Selain membuat blog sendiri secara gratis dengan menggunakan WordPress dan Blogspot, anda juga bisa menggunakan Tumblr yang sama-sama gratis. Seperti halnya blogspot, kita tidak menggunakan hosting sendiri di tumblr tetapi kita bisa menggunakan domain sendiri dan sub-domainnya ditempel di tumblr. Jadi jika anda sudah punya domain “leonardo.com” anda bisa membuat sub-domain “blog.leonardo.com” lalu menempelnya di blog Tumblr.

Tumblr login page

Membuat Website dengan Hosting Sendiri

Selain dengan menggunakan WordPress dan Tumblr anda juga bisa membuat website dengan menggunakan hosting sendiri. Hosting bisa anda sewa melalui berbagai layanan penyedia hosting seperti Masterweb, IdHostinger dan lain-lain. Sebagai referensi harga, di Masterweb harga hosting yang paling murah pada saat tulisan ini dibuat adalah Rp.950 / bulan dengan kapasitas penyimpanan 100MB dan Bandwidth 1GB :p.

Id Hostinger

Selain dengan menggunakan hosting berbayar anda juga bisa menggunakan hosting gratis yang ada pada paket promo IdHostinger. Untuk membuat website gratis di IdHostinger anda perlu mendaftar terlebih dahulu sebagai member di penyedia layanan tersebut.

Memasang CMS (Content Management System) di hosting sendiri

Setelah anda memiliki hosting sendiri, sekarang anda bisa memasang CMS dengan menggunakan Cpanel (Fantastico / Softacolous). Ada banyak pilihan CMS disana seperti Joomla, WordPress (Bukan WordPress yang dibahas sebelumnya) dan lain-lain. Namun, yang paling saya sarankan adalah WordPress karena merupakan yang paling populer sehingga jika anda membutuhkan panduan seputar WordPress, anda tinggal cari di google 😀

Ini Hanya Sebuah Intro

Artikel ini hanyalah intro, apa yang dibahas pada artikel ini akan dirinci pada artikel selanjutnya (Semoga :p ). Stay Tuned. 😀

wordpress