Digitalmapia adalah situs dimana semua orang bisa menulis artikelnya sendiri. Klik "Login/Register untuk masuk, lalu klik "Tulis Artikel" untuk mulai menulis.

Perintah dasar linux yang wajib diketahui penggunanya

Hmm, sebenarnya tidak wajib juga sih. Tapi saya jamin pengguna linux akan kesulitan jika perintah dasar linux seperti dibawah ini tidak diketahui. Berikut beberapa perintah yang saya maksud:

sudo

Fungsi perintah sudo adalah untuk membuat perintah selanjutnya dijalankan dengan menggunakan hak akses root. Misal ketika kita ingin menjalankan text editor gedit, kita akan menjalankan perintah gedit pada terminal. Apabila anda ingin menjalankan gedit dengan menggunakan hak akses yang paling tinggi (root) anda perlu menggunakan perintah sudo gedit pada terminal. Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa pengguna Windows, perintah sudo gedit berarti menjalankan gedit sebagai administrator (run as administrator).

cd

Perintah selanjutnya, yang sangat penting untuk diketahui oleh pengguna Linux adalah perintah cd atau kalau diterjemahkan ke dalam bahasa manusia berarti Change Directory atau berpindah direktori. Contoh cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

cd Downloads
cd /usr/share

Pada contoh pertama, perintah cd digunakan untuk pindah ke folder Downloads, sedangkan pada contoh kedua perintah cd digunakan untuk berpindah ke folder /usr/share.

touch

Perintah ini digunakan untuk membuat sebuah file baru. Anda bisa saja menggunakan Nautilus (Windows Explorer-nya Ubuntu / Kalau anda menggunakan Ubuntu). Namun, adakalanya membuat file baru melalui terminal lebih mudah daripada harus pergi ke Nautilus kemudian cari dulu folder dimana kita akan membuat file baru dan barulah kita membuat file baru tersebut disana. Dengan menggunakan perintah touch anda hanya perlu menjalankan perintah seperti berikut:

touch sample.doc

Dengan begitu sebuah file baru akan dibuat pada direktori dimana sekarang anda berada.

mkdir

Perintah ini digunakan untuk membuat sebuah direktori baru. Contoh penggunaanya adalah sebagai berikut:

mkdir namadirektori

ls

Perintah ini digunakan untuk melihat daftar folder dan file. Cobalah masuk ke dalam folder Downloads dengan menjalankan perintah cd Downloads, Kemudian jalankan perintah ls. Maka semua folder dan file yang ada di dalam folder Downloads akan ditampilkan.

rm

Perintah ini digunakan untuk menghapus file. Contoh cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

rm sample.doc

rm -rf
Perintah ini digunakan untuk menghapus direktori. Contoh cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

rm -rf namadirektori

Itulah beberapa perintah dasar linux yang sangat penting untuk diketahui pengguna. Jika ada yang mau menambahkan, ditunggu komentarnya ya.

😀

Tux