Digitalmapia adalah situs dimana semua orang bisa menulis artikelnya sendiri. Klik "Login/Register untuk masuk, lalu klik "Tulis Artikel" untuk mulai menulis.

Tips dan shortcut dalam menggunakan sublime text 2

Saya telah menggunakan sublime text 2 selama kurang lebih 1 tahun saat tulisan ini dibuat. Saya belajar beberapa trik yang bisa membantu penggunaannya menjadi lebih mudah. Berikut adalah trik dalam menggunakan sublime text 2.

Mengubah settingan pengguna (preferences)

Pada sublime text 2 anda bisa mengubah shortcut yang biasa anda pakai. Misal, jika biasanya anda menggunakan CTRL + SHIFT + N untuk membuka sebuah windows baru. Maka, anda bisa menggubahnya menjadi misal CTRL + SHIFT + G, untuk itu anda bisa membuka menu Preferences > Key Bindings - User. Lalu tambahkan kode sebagai berikut:

[
	{ "keys": ["ctrl+shift+g"], "command": "new_window" }
]

Dalam penggunaan sehari-hari, tentu kita tidak ingin mengubah CTRL + SHIFT + N menjadi CTRL + SHIFT + G. Namun, contoh diatas saya harap bisa berguna jika ada shortcut lain yang menurut anda menyusahkan. Jika anda bingung dengan cara membuat kode seperti diatas, anda bisa men-contek-nya dengan memilih menu Preferences > Key Bindings - Default. Syntax tersebut ditulis menggunakan bahasa JSON.

Semua yang ada pada Key Bindings - Default merupakan shortcut default yang merupakan bawaan dari sublime text. perhatikan bahwa pada Key Bindings - Default terdapat kode sebagai berikut:

[
	{ "keys": ["ctrl+shift+n"], "command": "new_window" }
]

Artinya, secara default shortcut yang digunakan untuk membuka window baru adalah CTRL + SHIFT + N.

Pada sublime text, kita tidak menggunakan GUI untuk mengubah pengaturan seperti ini. Tetapi, secara manual dengan menggunakan kode program. Itulah sebabnya, IDE yang satu ini sangat ringan. Namun demikian, meskipun dilakukan secara manual, bukan berarti sublime text adalah IDE yang jelek. Anda akan melihat kelebihan dari sublime text setelah membaca tulisan ini sampai habis :D.

NOTE : Selain dengan cara men-contek command dari Key Bindings - Default, anda juga bisa menekan CTRL + `, kemudian pada kotak yang muncul, anda bisa memasukan kode sublime.log_commands(True) maka ketika anda menggunakan shortcut misalnya : CTRL + SHIFT + N, maka nama command akan ditampilkan pada log.

Instal Package Control

Package control merupakan fitur yang sangat penting pada sublime text 2. Anda boleh melewatkan tips-tips yang ada pada artikel ini kecuali yang satu ini. Untuk meng-instal dan menggunakan package control, anda bisa membacanya disini

Membagi Editor window menjadi beberapa kolom

Pada sublime text 2 anda bisa membagi (split) editor window menjadi beberapa kolom yaitu dengan cara menekan ALT + SHIFT + 1, ALT + SHIFT + 2, ALT + SHIFT + 3, ALT + SHIFT + 4 dan ALT + SHIFT + 5. Untuk membagi menjadi dua kolom tekan ALT + SHIFT + 2, tiga kolom ALT + SHIFT + 3 dan seterusnya. sedangkan untuk ALT + SHIFT + 5 digunakan untuk menjadikan editor window menjadi empat jendela.

ALT + SHIFT + 2

sublime-2-col

ALT + SHIFT + 5
sublime grid

Menggunakan Multiple Cursor

Multiple cursor adalah suatu cara untuk mengubah banyak kata yang sama hanya dalam sekali ketik. Untuk menggunakan multiple cursor anda bisa menekan CTRL + D beberapa kali, maka kata-kata yang sama akan terpilih, kemudian ketik sesuatu maka anda akan melihat kata yang terpilih berubah secara sekaligus.

multi selection

image by hongkiat

Sembunyikan minimap

Jika anda lihat ke sebelah kanan sublime text, anda akan melihat minimap. Menurut pendapat saya, minimap ini tidak terlalu banyak dipakai dan menghabiskan ruang. Untuk menyembunyikan minimap anda bisa memilih menu View > Hide Minimap.

minimap

NOTE: Jika anda tidak tau yang dimaksud dengan minimap, gambar diatas menunjukkan tampilan minimap sebelum disembunyikan. Minimap berada di bagian kanan tampilan sublime text.

Menyimpan Project

Pada sublime text, anda bisa menyimpan project yang sedang anda garap saat ini. Yaitu dengan memilih menu Project > Save Project As.. kemudian simpan project tersebut di tempat yang anda inginkan. Lain kali, ketika anda ingin membuka kembali project tersebut, anda cukup membuka file project yang anda simpan tersebut dengan memilih menu Project > Open Project.

Setelah project tersimpan, anda juga bisa berpindah-pindah antar project dengan menekan tombol CTRL + ALT + P.

Menggunakan command palette

Suatu saat, mungkin anda lupa shortcut yang harus digunakan untuk menjalankan perintah tertentu. Jangan khawatir, karena pada sublime text terdapat command palette, dimana anda bisa mencari perintah yang ingin anda jalankan disana. Untuk membuka command palette tekan CTRL + SHIFT + P. Anda boleh lupa, shortcut yang lain, namun CTRL + SHIFT + P sebaiknya anda tidak lupa.

Semoga bermanfaat.

sublime text 2 logo