Digitalmapia adalah situs dimana semua orang bisa menulis artikelnya sendiri. Klik "Login/Register untuk masuk, lalu klik "Tulis Artikel" untuk mulai menulis.

Trending tools : Tools-tools yang sedang nge-trend di kalangan web developer

Dalam membuat sebuah web ataupun aplikasi berbasis web, tentunya kita (web developer) tidak lepas dari yang namanya tools, baik itu text editor, web server, CMS dan sebagainya. Berikut ini adalah beberapa tools yang sedang nge-trend di kalangan web developer pada saat tulisan ini dibuat diantaranya:

Sublime Text 2

sublime text 2 logo

Sublime Text 2 adalah sebuah text editor premium. Meskipun premium, pengguna bisa mencoba trial-nya terlebih dahulu tanpa batas. Tanpa batas disini maksudnya anda bisa mencoba trialnya tanpa dibatasi waktu dengan fitur penuh. Hanya saja anda akan melihat tulisan UNREGISTERED pada bagian atasnya, itu saja.

Text editor yang satu ini dianggap yang paling bagus tidak hanya oleh web developer, tetapi banyak pula Programmer yang tidak bergelut dalam dunia web yang menganggap text editor ini layak disebut yang terbaik. Berikut alasannya:

  • Ringan, Jika dibandingkan text editor serupa seperti eclipse, Sublime Text 2 memang jauh terasa ringan. Selain itu, anda tidak memerlukan kapasitas RAM yang terlalu tinggi untuk menjalankannya, text editor yang satu ini bisa berjalan sama cepat dengan notepad++.
  • Tampilan yang sederhana. Eitts, jangan tertipu dengan tampilannya yang sederhana, meskipun kelihatannya tidak ‘seganas’ eclipse, Text Editor yang satu ini sebenarnya ‘lebih ganas’ dan memiliki fitur-fitur tersembunyi di dalamnya. Mungkin saya akan membahas fitur-fitur tersebut pada tulisan lain.
  • Package Control. Pada Sublime Text 2 anda bisa meng-install plugin yang memiliki beragam fungsi, misalkan membuat todo list, snippet, emmet (membuat html dengan lebih cepat/ dulunya zend coding) dsb.
  • Snippet. Anda bisa membuat snippet sendiri dan menyimpannya di komputer local anda, kemudian mengaksesnya hanya dengan mengetikan satu atau dua huruf lalu menekan tombol {tab}.

Less dan Sass

less-css-logo

Siapa yang tidak mengenal CSS, 100% web developer pasti mengenal CSS. Apalagi jika anda adalah seorang web designer, maka CSS tentu menjadi hal yang sangat penting bagi anda. Nah, mungkin diantara anda ada yang sudah mengenal tentang apa itu less dan apa itu sassIntinya, kedua tools ini memungkinkan web designer untuk membuat CSS menjadi seperti bahasa pemrograman dimana anda bisa menggunakan variable, looping dsb.

Anda bisa memilih mau menggunakan Less ataupun Sass. Keduanya memiliki fungsi yang sama, hanya saja syntax-nya yang berbeda. Selain itu, untuk menggunakan Sass, anda harus memiliki ruby yang telah terinstall pada komputer anda agar sass bisa di-compile menjadi CSS.

Ghost Blogging Platform

Ghost_Blogging_Platform_Logo_(2013).svg

Blogging Platform yang satu ini dibuat oleh John O’nollan. Berbeda dengan WordPress, Joomla, Drupal dsb, Ghost khusus dibuat dengan tujuan sebagai sarana blogging, tidak lebih dan tidak kurang. Sehingga, para blogger akan cenderung merasa nyaman dengan menggunakan tools yang satu ini.

Nah lo, lalu apa hubungannya dengan web developer? Biasanya, web developer sangat hobi melakukan blogging, baik untuk sekedar sharing, memasarkan diri agar mendapatkan pekerjaan freelance, maupun sekedar dokumentasi hasil pekerjaan mereka. Nah, entah kenapa mereka saat ini sangat antusias dengan blogging platform yang satu ini.

Untuk lebih jelas mengenai Ghost bisa anda baca disini.

Selain, yang saya sebutkan diatas masih banyak tools, framework, maupun script yang sedang nge-trend di kalangan web developer saat ini, seperti coffeescript, angular.js, node.js, amber.js dan lain-lain.

 

sublime text 2 logo