Digitalmapia adalah situs dimana semua orang bisa menulis artikelnya sendiri. Klik "Login/Register untuk masuk, lalu klik "Tulis Artikel" untuk mulai menulis.

Tutorial series belajar Laravel

Laravel adalah sebuah framework yang terbilang baru dalam PHP. Berbeda dengan framework sebelumnya, Laravel dibuat supaya kegiatan memprogram sebuah aplikasi web menjadi lebih menyenangkan. Versi terbaru Laravel, yaitu Laravel 4 diadaptasi dari framework yang telah ada sebelumnya yaitu simfony, hanya tentu saja Laravel lebih expressif dalam hal syntax. Tulisan ini adalah sebagai ringkasan/informasi tentang tulisan sebelumnya tentang Laravel. Bagi anda yang sedang belajar Laravel framework, saya harap tulisan/tutorial ini bisa membantu:

Pada tulisan ini dibahas tentang apa itu Laravel dan bagaimana cara instalasi Laravel pada localhost di windows menggunakan sebuah tools bernama xampp. Bagi anda yang sudah terbiasa dengan php, WordPress maupun CMS dan framework lainnya, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya xampp. Untuk mengunduh xampp, anda bisa mengunjungi halaman resminya di apachefriends.org.

Bagi anda yang ingin memasang Laravel pada ubuntu linux, anda bisa membacanya pada tulisan ini. Web server yang digunakan pada tulisan ini adalah web server nginx. Web server ini mulai populer belakangan ini karena dikenal memiliki kecepatan yang lebih baik dari pada web server yang umum digunakan saat ini.

Openshift merupakan layanan Platform as a Services (PaaS) dari redhat. Dengan menggunakan PaaS, anda bisa melakukan development aplikasi dengan menggunakan platform apapun yang anda butuhkan termasuk PHP.

Hello world merupakan hal yang umum dipelajari bagi orang yang pertama kali menggunakan bahasa pemrograman ataupun framework tertentu. Pada tulisan ini, dibahas cara membuat hello world pada Laravel melalui route, controller dan view sehingga anda bisa lebih memahami alur dari routing pada framework Laravel.

Ini adalah bagian pertama dalam seri membuat CRUD sederhana pada Laravel. Pada bagian ini, anda akan belajar tentang Create yaitu membuat form dan memasukan data dari form tersebut ke dalam database. Create merupakan bagian pertama dari CRUD (Create, Read, Update dan Delete).

Selanjutnya, pada bagian kedua ini kita akan membahas tentang Read yaitu menampilkan data dari database dengan menggunakan Eloquent. Tampilan yang dibuat sederhana saja, tujuannya untuk memudahkan siapapun untuk mempelajarinya.

Tentunya, ini adalah lanjutan dari bagian sebelumnya. Pada bagian ini kita akan membahas tentang Update. Update merupakan bagian ketiga dari CRUD. Untuk melakukan update kita akan menambahkan link edit pada tabel yang telah kita buat pada bagian Read selanjutnya kita akan membuat form dimana kita mengubah isi dari data yang bersangkutan. Terakhir, kita melakukan submit data tersebut sehingga bisa diupdate di database.

Bagian Terakhir dari seri Membuat CRUD Sederhana pada Laravel. Bagian ini juga merupakan bagian yang paling mudah dalam seri ini. Kita hanya akan menambahkan link delete, kemudian pada saat di-klik, record yang bersangkutan akan terhapus.

Migration adalah suatu cara membuat database tabel melalui kode php pada Laravel. Migration bukanlah merupakan konsep baru dan telah ada pada framework terdahulu seperti codeigniter. Migration bisa juga dikatakan sebagai version control for database table. Pada migration, bahkan anda tidak perlu memperdulikan pada dbms apa database itu akan anda buat selama dbms tersebut disupport oleh Laravel.

Seeding adalah suatu cara memasukan data dummy pada database melalui kode program. Dengan menggunakan seeding anda hanya perlu membuat satu jenis data saja yang kemudian bisa anda masukan ke dalam berbagai dbms tergantund dari koneksi Laravel anda saat ini.

Test Driven Development adalah suatu konsep dimana script untuk melakukan test dibuat terlebih dahulu dari pada kode program itu sendiri. Kode program kemudian dibuat berdasarkan error-error yang ditunjukkan oleh unit test. Selain konsep TDD, Laravel juga menganut DRY (Don’t Repeat Your Self) yang akan saya bahas pada tulisan yang lain.

Terakhir yaitu pembahasan mengenai composer, sebuah tools yang sangat penting pada pemrograman PHP khususnya framework Laravel.

Nah, pada artikel ini, kita akan membuat autentikasi pengguna seperti halaman login, register dan fungsi logout pada dashboard.

Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan atau membuat aplikasi, pasti sudah tahu apa itu pagination. Pagination adalah cara yang digunakan untuk membagi-bagi data yang ditampilkan ke dalam beberapa halaman agar lebih ringkas.

Setelah membaca tulisan-tulisan diatas, saya harap anda lebih tertarik tentang Laravel. Dan jika mengalami kesulitan, saya akan senang membantu anda. Cukup tanyakan melalui kolom komentar di situs ini. 😀

Laravel Wallpapper
  • Info Bali

    bos di bahas juga cara make google map api pada laravel ya bos